Lahan Sawah Beras Organik

Minggu, 19 Desember 2010

Sebagai media tanam beras organik, lahan harus benar-benar bebas dari pencemaran pestisida dan pupuk kimia buatan. Artinya, lahan penanaman beras organik juga harus terletak jauh dari lahan pertanian konvensional. Hal ini untuk menghindari pencemaran residu kimia yang dibawa oleh arus air yang melewati daerah persawahan beras organik.
Selain itu lokasi media tanam beras organik juga sebaiknya terletak di tanah dengan DPL (di atas permukaan laut) yang lebih besar daripada DPL pertanian konvensional. Hal ini juga berarti bahwa lokasi tanah yang berbentuk hamparan atau dataran, sebaiknya semuanya ditanami beras organik secara keseluruhan atau tidak sama sekali. Lokasi berbentuk hamparan memunculkan kemungkinan air akan mengairi seluruh areal persawahan, sangat beresiko jika sebagiannya ditanami beras organik.

Lokasi lahan pertanian beras organik BUMI Ganesa terletak di dataran tinggi lereng pegunungan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan areal luas secara terasiring, seluruhnya ditanami beras organik maupun produk-produk organik lain, sehingga jaminan keorganikannya dapat dipertanggungjawabkan secara empiris.

0 komentar: