Tips Membersihkan Buah Impor Agar Aman Dikonsumsi

Kamis, 11 Juli 2013

Suka juga buah impor?
Beberapa hari yang lalu gue nonton berita tentang dinas pajak sebuah kota besar di Indonesia memusnahkan ratusan kontainer yang berisikan buah dan sayuran impor yang bermasalah dengan surat ijin. Sebab kontainer-konetainer itu belum keluar dari palabuhan sejak Okteber 2012 lalu. Kabarnya ratusan kontainer yang berisi buah dan sayur impor itu bernilah hingga 30 miliar rupiah..wiiiiih duit segitu banyaknya dibuang cuma-cuma.
Sebenarnya yang bikin gue tertarik dengan beritanya bukan masalah uang senilai 30 miliar yang dimusnakan. Tetapi cenderung kearah bahayanya mengkonsumsi buah impor dan alasannya.
Mengapa buah impor itu berbahaya?
Ternyata buah impor yang sering gue konsumsi itu untuk sampai ke tangan penjual langganan gue, itu butuh waktu berbulan-bulan. Mulai sejak panen lalu pengiriman bahkan sampai surat ijin, itu semua ternyata membutuhkan waktu berbulan-bulan! Namun hebatnya walaupun butuh waktu berbulan-bulan dari tangan pemanen buahnya disana untuk sampai ketangan penjual langganan gue, buah-buah tersebut masih nampak segar dan menggoda. Hal itu dikarenakan kulit-kulit buah impor tersebut dilapisi dengan WAX atau LILIN.
Masalahnya adalah wax atau lilin tersebut jika tidak dicuci dengan benar maka akan tetap menempel paka kulit buah impor yang kita konsumsi, dan katanya hal tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya berbagai macam kanker ditubuh kita yang mengkonsumsinya.
Celakanya gue biasanya nyuci buahnya cuma dengan disiram-siram atau gue cuci langsung di kran air trus abis itu gue lap pake tissu. Ternyata cara yang gue pake itu salah besar, karena kalau pake cara seperti itu wax atau lilinnya belum lepas dari kulit buahnya.
Menurut para ahli cara membersihkan buah impor agar aman dikonsumsi adalah dengan cara-cara berikut :
  1. Rendam dan cuci terlebih dahulu buah yang akan dikonsumsi dengan air hangat. ( buah dalam kondisi utuh sebelum dipotong-potong)
  2. Rendam dan cuci terlebih dahulu buah yang akan dikonsumsi dengan air hangat yang ditambahkan dengan garam.
  3. Rendam dan cuci terlebih dahulu buah yang akan dikonsumsi dengan air hangat yang ditambahkan dengan cuka.
Demikianlah tips membersihkan buah impor agar aman dikonsumsi yang gue dapat dari acara sebuah stasiun TV beberapa hari lalu. Semoga saja bermanfaat untuk teman-teman yang gemar memakan buah impor.
Soalnya kasian tubuh kita dan tubuh anak-anak kita, apalagi kalau makan buahnya yang ditelan bersama kulitnya semisal anggur dan apel, bayangkan wax atau lilin tersebut mengendap dalam tubuh kita atau anak-anak kita. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

0 komentar: