Cara pilih Jeruk Santang

Senin, 06 Februari 2012
  




Jeruk santang sangat digemari oleh konsumen saat ini. Buahnya yang manis, warnanya yang kuning mencolok dan harganya yang murah menjadi beberapa pertimbangan mengapa buah ini sangat laris dipasaran.
Namun apakah anda tahu bagaimana cara memilih buah jeruk santang ini?
Beberapa waktu lalu, sebuah stasiun TV telah menyiarkan praktek penipuan dengan menyuntikkan zat pemanis ke dalam jeruk agar rasa jeruk menjadi manis. Namun hal ini hanya dilakukan pada produk yang telah lama ataupun produk kelas 3.
Pemilihan jeruk santang dilakukan dengan 3 cara yaitu :
1. Bau jeruk. Bau jeruk santang yang baik adalah sangat sengir atau asam karena proses oksidasi kulit jeruk yang manis. Apabila baunya manis, bisa jadi jeruk tersebut telah diberi pemanis. Bisa jadi lho!
2. Warna jeruk. Warna jeruk harusnya agak kusam dan tidak kuning mengkilat, karena proses oksidasi alami pada kulit jeruk akan menghasilkan kesan agak kusam pada kulit jeruk. 
3. Kekerasan jeruk. Apabila anda membeli jeruk yang sudah dibuka atau artinya anda memilih per biji, maka pilihlah jeruk yang bagian ujungnya terisi penuh yang berarti kandungan jeruk di dalamnya sangat bagus. Apabila anda menemukan bagian yang kempes, maka bisa jadi kandungan isi jeruk tersebut telah berkurang, yaitu air yang terjebak dalam bulir jeruk terlepas keluar.
Demikian beberapa tips untuk memilih jeruk santang yang baik dan berkualitas. Mungkin anda memiliki cara yang berbeda dalam memilihnya, maka saya ajak anda untuk sharing informasi di blog ini agar semakin banyak orang yang paham bagaimana memilih jeruk santang yang baik.


0 komentar: